Kembangkan semangat literasi bersama Festival Arabia di Universitas Al Azhar Indonesia

Jakarta (1/10) – Dalam rangka memeriahkan Festival Arabia, Universitas Al Azhar Indonesia menggelar Seminar Kepenulisan dengan tema “Menulis Kreatif Karya Motivasi dan Karya Sastra Populer” yang diisi oleh novelis populer Ahmad Fuadi (Penulis Trilogi Novel 5 Menara) dan Akbar Zainudin (Penulis Novel “Man Jadda Wajada & Trainer Motivator). Acara ini merupakan rangkaian Festival Arabia yang sudah dibuka pada Selasa, 31 Oktober 2017 kemarin, oleh Rektor Universitas AI Azhar Indonesia Bapak Prof. Dr. Ir Asep Saefudin M.Sc, di Aula Arifin Panigoro. Seminar ini juga dihadiri oleh Ketua Prodi Sastra Arab Nur Hizbullah, S.Ag., M.Hum.

Membahas perkembangan zaman yang serba digital ini ada sesuatu yang tidak bisa dilakukan oleh teknologi beserta media medianya yaitu kreatifitas, Kemampuan menulis, dan kemampuan berkespresi dalam tulisan tulisan. Oleh karena itu sudah seharusnya generasi muda yang mungkin miskin akan pengalaman, namun kaya akan masa depan bergerak dalam meningkatkan semangat literasi. ada harapan besar yang ditaruh pada setiap generasi muda untuk meneruskan semangat literasi dan bahasa yang ada. Dalam rangka meningkatkan kualitas bahasa secara lisan dan tulisan  Universitas Al Azhar Indonesia turut  yaitu dengan meluncurkan program yang mewajibkan penggunaan bilingual language (Arabic and English ) di area kampus pada hari Selasa dan Rabu. Program yang sudah mulai berjalan ini diharapkan mampu membentuk disiplin mahasiswa dalam berbahasa, sehingga kedepannya mampu bersaing dalam kancah Internasional.

“tulisan lebih kuat daripada peluru” begitu kutipan lantang yang diserukan Ahmad Fuadi selaku penulis karya sastra terpopuler yang karyanya telah mendunia dan diterjemahkan ke beberapa bahasa. Ada semangat kepenulisan yang kuat yang berhasil disalurkan melalui seminar singkat ini. beliau menjelaskan bagaimana sebuah tulisan mampu mengubah individu, masyarakat, bahkan menginspirasi perubahan dunia. Begitupun dengan sorak Akbar Zainudin yang turut memotivasi para mahasiswa untuk terus menelurkan karya yang mampu mennginspirasi pembaca.

Acara yang juga sebagai penutup rentetan perlombaan sastra arab ini diadakan atas kerjasama HIMASA ( Himpunan Mahasiswa Sastra Arab ) dengan IMASASI (Ikatan Mahasiswa Sastra Arab) yang rutin diadakan setiap tahunnya. Kali ini Festival Arab Universitas Al Azhar Indonesia mengangkat tema Tri Dharma perguruan tinggi yaitu, pendidikan, penelitian dan pengabdian sosial kepada masyarakat. Dalam setiap lomba yang dihadirkan dalam festival ini tentu saja sudah ada kaitannya erat dengan pendidikan dan penelitian. Adapaun hal yang membuat Festival Arabia tahun ini lebih berkesan yaitu dengan dialokasikannya dana yang diperoleh untuk  pembangunan sumur sebagai sumber air di daerah pedalaman Banten yang akan dlaksanakan di akhir November. Ini merupakan aksi dan bukti nyata mahasiswa dalam mengimplementasikan Tri Dharma Perguruan Tinggi dalam kehidupan bermasyarakat. Ditutup dengan pembagian hadiah perlombaan Rini selaku ketua pelaksana Festival Arabia berharap kedepannya acara ini akan semakin diisi dengan kegiatan kegiatan positif yang dapat membangkitkan semangat mahasiswa dalam berbahasa tentunya.

Universitas Al Azhar Indonesia
Universitas Al Azhar Indonesia
Universitas Al Azhar Indonesia
Universitas Al Azhar Indonesia
Source: UAI