skip to Main Content

BRIDGERTON DAN SASTRA INGGRIS? APA SIH KAITANNYA?

Kalian tau ga sih? Serial Netflix yang bertemakan Inggris kuno tahun 1800-an sedang hangat dibicarakan oleh kalangan remaja. Ya! Itu Bridgerton! Serial Netflix yang bernuansa Inggris kuno ini membuat banyak sekali penonton yang terkesima dan terinspirasi dengan segala aspeknya. Tentunya, aspek-aspek ini bersangkut paut erat dengan Sastra Inggris. Apa sih sangkut pautnya antara Bridgerton dengan Sastra Inggris? Yuk kita bahas!

Pertama, hal utama yang menarik dan menonjol tentang Bridgerton adalah dari segi aspek Bahasa. Jika kalian perhatikan, serial Bridgerton ini memiliki tutur kata bahasa Inggris yang berbeda dengan yang biasa kita gunakan ataupun yang kita dengar sehari-hari. Jika kalian lebih sering menggunakan kalimat “I think” untuk mengemukakan pendapat ataupun opini di kehidupan sehari-hari, maka di dalam serial Bridgerton lebih sering menggunakan kalimat “I believe”. Meskipun dua kata ini memiliki arti yang serupa tetapi kalimat “I believe” terkesan lebih sopan dan elegan. Banyak sekali dari kalian pasti sudah menyadari bahwa aksen yang digunakan di dalam serial ini pun menggunakan aksen British. Di Universitas Al Azhar Indonesia kalian bisa banget loh mempelajari dan menggunakan aksen ini di lingkungan
Program Studi Sastra Inggris. Seperti halnya, pada mata kuliah Phonetics & Phonology yang mempelajari bunyi bahasa dan melatih kita untuk menggunakan aksen-aksen tersebut saat berbicara dengan seseorang.

Kemudian, hal apik lainnya dari Bridgerton adalah sejarah dan budaya Inggris yang ditampilkan dengan sinematografi yang sangat indah. Dalam serial Bridgerton, kalian juga akan disuguhkan dengan suasana Inggris kuno yang sangat kental.

Dari mulai ornamen, musik, pakaian, budaya, seperti mengadakan pesta musiman untuk para wanita dan pria lajang, hingga penyuguhan seni dari seniman dan penulis-penulis handal pada era 1800-an, membuat serial Netflix ini menjadi begitu menarik untuk ditonton. Terlebih lagi, pada Program Studi Sastra Inggris di UAI menyediakan mata kuliah Sejarah dan Kesusastraan Inggris yang akan membahas sejarah dan budaya Inggris kuno seperti yang ada di serial Bridgerton. Menarik bukan!

Nah, di serial ini pula, pasti para penonton setia Bridgerton sudah tidak asing dengan “Lady Whistledown”, bukan? Ada tokoh yang bernama Lady Whistledown, tokoh ini merupakan tokoh wanita yang digemari oleh banyak penonton dikarenakan karakternya yang misterius dan sangat genius yang mana dibungkus dalam karya-karya tulisannya.

Karya tulisnya ini sangat mempengaruhi dan mewarnai serial Bridgerton. Di jurusan Sastra Inggris, kalian tidak hanya belajar bahasa, sejarah dan budaya Inggris tetapi kalian juga akan mempelajari bagaimana caranya menulis dengan tata penulisan yang apik dan akademik. Kalian juga akan diajari dengan berbagai cara penulisan yang pastinya seru dan menantang! Terutama bagi kalian yang tertarik dalam menulis. Kemampuan dalam menulis ini pun juga sangat amat penting dan nantinya akan terpakai dalam prospek kerja yang berkontribusi di lingkup teknologi loh! Seperti UX Writer, Copywriter, Interpreter, dan masih banyak lagi.

Oleh karena itu, bagi kalian, terutama pecinta serial Bridgerton dan tertarik untuk mendalami skill bahasa Inggris, kalian bisa banget loh gabung sama kita di Program Studi Bahasa dan Sastra Inggris di Universitas Al Azhar Indonesia. Yuk Gabung! Untuk biaya dan informasi lain-nya bisa langsung kalian cek ke website Universitas Al Azhar Indonesia di https://uai.ac.id/ atau langsung ke nomor telepon ini (021) 727 92753.

See you at UAI!

(FZW & NA), (SRZ).

Back To Top