skip to Main Content

KOSAKATA AMERICAN ENGLISH DALAM BIDANG HUKUM DI PERSIDANGAN JOHNNY DEPP VS AMBER HEARD

Hi Lions, gimana nih kabar kalian? Semoga kalian sehat selalu ya. Anyway, pasti kalian sudah tidak asing lagi kan dengan persidangan Johnny Depp dan Amber Heard yang sangat viral hampir di seluruh media massa? Betul, kasus ini sangat panas ya Lions sehingga diperbincangkan oleh masyarakat di seluruh dunia. Tetapi, kalian memperhatikan tidak sih kalau ada banyak sekali kosakata bahasa inggris yang jarang kita dengar dan kita gunakan dalam percakapan sehari-hari? Apa saja ya itu kira-kira? Nah! Hari ini kita mau membahas Kosa Kata Hukum English-American di Amerika nih guys. Yuk kita cari tahu!

Foto: Johnny Amber VS Amber Heard
(via NBC News, 27/04/22, https://www.nbcnews.com/news/amp-video/mmvo138747973789)

Dalam persidangan yang diselenggarakan antara Johnny dan Amber, Baik dari pengacara Johnny ataupun Amber kerap kali mengatakan beberapa kata yang asing didengar bagi orang-orang awam. Kata-kata tersebut seperti Objection, Hearsay, Leading, atau kata I’ll Allow It yang digunakan hakim dan masih banyak lagi. Ternyata kata-kata tersebut dibahas oleh  Dr. Mac Aditiawarman, S.H., M.Hum. di dalam bukunya yang berjudul “Terminologi Hukum Amerika”.

Objection dalam garis besar memiliki arti keberatan. Kata Objection digunakan saat melakukan tindakan untuk menarik perhatian pengadilan terhadap bukti yang tidak benar. Objection dapat digabung dengan kata lainnya sehingga menciptakan makna yang sedikit berbeda, seperti yang dikatakan hakim pada persidangan antara Johnny Depp dan Amber Heard yaitu objection overruled dan objection sustained. Objection overruled adalah istilah kata yang berarti keberatan ditolak; yang dimana hakim menolak objection yang diajukan oleh salah satu pihak pengacara karena dianggap sebagai cacat hukum. Sedangkan, Objection sustained adalah istilah yang memiliki arti keberatan berkelanjutan; yang dimana hal ini menunjukan sebagai dukungan atau tanda persetujuan hakim terhadap objection yang diajukan.

Selain objection, istilah lain yang seringkali digunakan oleh pengacara Johnny adalah kata Hearsay yang memiliki arti kabar angin; seperti laporan yang diberikan oleh seorang saksi yang tidak melihat secara langsung dan hanya mendengar kejadian tersebut dari orang lain. Hearsay biasanya tidak diterima sebagai bukti di pengadilan. Adapula istilah Leading question. Leading question berarti petunjuk pertanyaan; yang mana bertujuan untuk menginstruksikan saksi bagaimana menjawab atau menyarankan jawaban yang diinginkan.

Istilah terakhir yang kita bahas adalah kata Cross Examination. Istilah ini memiliki arti pemeriksaan silang. Hal ini dilakukan oleh pengacara terhadap saksi yang berlawanan dalam sebuah persidangan dan masih banyak istilah kata lagi. Nah, pada akhirnya tidak hanya kita bisa mengambil beberapa wawasan terkait kosa kata Bahasa Inggris-Amerika melalui persidangan Johnny Depp VS Amber Heard, tetapi kita juga mendapatkan kabar baik bahwa Johnny Depp resmi memenangkan kasus persidangan pada Kamis, 2 Juni 2022. Bagaimana, Lions? Seru kan pembahasan kita kali ini?! Semoga bermanfaat ya!

Bagi kalian, yang tertarik untuk mendalami skill bahasa Inggris atau mempunyai keinginan untuk mengetahui istilah-istilah kosakata Bahasa Inggris lainnya, kalian bisa banget loh gabung sama kita di Program Studi Bahasa dan Kebudayaan Inggris (Sastra Inggris) di Universitas Al Azhar Indonesia. Yuk Gabung! Untuk biaya dan informasi lainnya bisa langsung kamu cek ke website Universitas Al-Azhar Indonesia di https://uai.ac.id/ atau langsung ke nomor telepon ini (021) 727 92753.

See you at UAI!

FZW & NA, SRZ.

Foto cover via: Thechieve.com

Back To Top