skip to Main Content

Sastra Inggris! Bisa apa? 

Memilih jurusan kuliah itu bukanlah perkara mudah, perlu meluangkan waktu untuk mencari tahu lebih dalam terkait sebuah jurusan yang akan kita pelajari selama kurang lebih 4 tahun kedepan. Tidak sedikit mahasiswa yang melewatkan atau menganggap remeh hal ini sehingga memakan mentah stereotip buruk masyarakat tentang sebuah jurusan perkuliahan. Mengambil contoh, seperti halnya jurusan Sastra Inggris. Jurusan Sastra Inggris seringkali dipandang sebelah mata oleh calon mahasiswa karena dianggap menjadi salah satu jurusan yang membosankan (boring). Sering kali tertanam bayangan, bahwa tugas kuliah sehari-hari nya hanya membaca karya tulisan para pujangga kenamaan Inggris yang kemudian mahasiswanya diharapkan bisa menulis selayaknya Shakespeare atau J.K Rowling. Terdengar membosankan bukan? Bikin pusing malah! Tetapi kalian tau gak sih kalau pernyataan diatas ternyata keliru. Lalu, apa sih Sastra Inggris itu? Sastra Inggris atau Bahasa dan Sastra Inggris adalah 1program studi yang mempelajari Bahasa Inggris dari sisi linguistik (sisi kebahasaan) dan sastranya secara mendalam. Maka dari itu, yang dipelajari bukan hanya mengenai speaking (kemampuan berbicara), writing (menulis), listening (mendengar), dan reading (membaca) saja tetapi juga mempelajari budaya dari bahasa tersebut. 

Di Universitas Al Azhar Indonesia atau biasa disingkat UAI, menyediakan jurusan Sastra Inggris (kini berubah nama menjadi Bahasa dan Kebudayaan Inggris) yang jauh dari kata membosankan dan pastinya seru! Jauh dari stereotip minim informasi sebelumnya, mata kuliah Sastra Inggris itu justru sangat beragam yang saking beragamnya dapat dibagi menjadi dua bagian yaitu Sastra dan Linguistik. Mahasiswa akan dipertemukan dengan banyak informasi dan kegiatan asyik, seperti dikelas sastra kalian bisa memahami ragamnya perbedaan budaya dan efek yang dihasilkannya di mata kuliah Multikulturalisme, hingga membuat proyek pentas seni teater pada mata kuliah Kajian Drama dan Teater, dan masih banyak lagi. Lalu, di sisi linguistik yang tidak kalah menarik, kita juga dapat mempelajari struktur bahasa yang diulas dengan media yang menarik! Untuk kalian yang menyukai sejarah, dalam jurusan Sastra Inggris UAI ada mata kuliah Sejarah Budaya Inggris Kuno, yang mana salah satu informasi uniknya kita dapat mempelajari gaya dan alasan dari literasi terkenal Inggris pada setiap masanya. Syarat yang diperlukan untuk masuk ke jurusan dengan gelar lulusan S.S (Sarjana Sastra) dan S.Li (Sarjana Linguistik) ini juga tidak berlebihan, memahami Bahasa Inggris dasar dengan baik dan benar hanya satu-satunya bekal yang dibutuhkan. 

  Kemudian dengan semua hal yang menarik sebelumnya, kelak setelah mendapatkan gelar Sarjana Sastra ataupun Sarjana Linguistik kalian akan jadi apa sih? Jadi pujangga? Boleh-boleh aja sih kalo kalian mau jadi pujangga setelah lulus nanti, tetapi keluar dari stereotip dulu ya! Bersyukur akan kemajuan teknologi saat ini, peluang karir dalam dunia Sastra sangat menyebar luas. Hasil pengalaman dari beberapa mata kuliah yang telah disebutkan diatas sebelumnya dapat menjadi pertimbangan besar dalam sebuah sesi wawancara lamaran kerja khususnya pekerjaan diarea bidang diplomasi, menulis, dan juga seni seperti penulis naskah, wartawan, editor, Staf Kedutaan Besar Asing, Public Relation Officer, Sekretaris, UX Writer, Copywriter, Conversation Analyst, dan masih banyak lagi tentunya! 

Gimana?! Tidak terlalu membosankan dari sebelumnya bukan!? Tentunya ini bisa merubah pandangan kamu tentang sastra Inggris yang boring menjadi sastra Inggris yang penuh dengan eksplorasi. Yuk! Daftar di Sastra Inggris Universitas Al Azhar Indonesia. Untuk biaya dan informasi lain-nya bisa langsung kamu cek di website Universitas Al Azhar Indonesia di https://uai.ac.id/ atau langsung ke nomor telepon ini (021) 727 92753.  

See you at UAI! 

FZW & NA, AFF & SRZ.

Back To Top